Apa Itu Bendik Starter

Doni Prasetyo

Mulai dari tombol starter, aki, sampai dinamo starternya. tapi saat semua komponen tersebut dicek dan hasilnya semua aman, berarti masalah bisa jadi ada di bendik starter. bendik starter sendiri fungsinya adalah menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin. pasalnya bendik kerap menerima beban arus lebih besar dari aki saat tombol starter ditekan.

Perannya Penting Ini Fungsi dan Cara Periksa Relay Starter di Motor

Perannya penting buat menghidupkan mesin, ini fungsi serta cara periksa kondisi komponen relay starter atau bendik di motor. sebab jika relay starter atau bendik bermasalah, dijamin motor bakal sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan lewat elektrik starter. “relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,” terang pardiman, kepala mekanik bengkel takutic motor, kebagusan, jakarta selatan. barulah ketika tombol elektrik starter ditekan, bendik atau relay starter menghubungkan arus listrik ke dinamo starter supaya mesin bisa hidup. buat pengecekan kondisi bendik atau relay starter ada dua cara, yaitu cara langsung dan cara diukur pakai multi-tester.

Ini Ciri Ciri Bendik Starter Rusak

Biasanya, ketika bendik starter mengalami kerusakan akan menunjukkan beberapa ciri-ciri. dikutip dari laman resmi daihatsu indonesia, berikut ciri-ciri bendik starter ketika mengalami kerusakan:mengeluarkan bunyiciri awal yang dapat otolovers rasakan saat bendik mengalami kerusakan adalah munculnya bunyi cetak-cetak. bunyi ini menandakan jika listrik dari bendik starter terputus, sehingga menyebabkan engine tidak menyala dengan normal. kabel penghubung bendik dengan aki terputusagar dapat bekerja secara maksimal, bendik memerlukan bantuan dari kabel yang digunakan sebagai penghubung antara bendik dengan aki yang bertujuan menghidupkan kendaraan. kejadian ini disebabkan karena arus listrik dari bendik starter tidak dapat dialirkan dengan sempurna melalui kabel menuju aki maupun dinamo starter.

Baca Juga :  Avanza Gen 2 Tahun Berapa

Kenali Problem Bendik Stater

Tinggal tekan tombol di setang, lewat bantuan setrum aki maka elektrik starter dengan mudah memutar mesin. sebab tidak mudah dilacak lantaran faktor penyebabnya banyak, dimulai dari aki, dinamo starter dan bendik starter. tapi, kalau tombol starter dan setrum aki aman, coba cek kondisi bendik starter. belum lagi material terminal kabel di bendik dari bahan kuningan, membuat komponen ini mudah berjamur. dan kalau sudah seperti itu, dipastikan bendik starter tak bisa lagi berkerja normal.

Fungsi Bendik Stater Simak Di Sini Sob

Bendik stater atau bendik starter disebut juga sebagai relay starter. fungsi bendik staterfungsi dari bendik stater adalah untuk memantik dinamo stater agar mau bekerja. bendik stater sendiri akan mengaliri listrik pada dinamo stater setelah tombol stater pada motor atau kunci stater pada mobil ditekan atau diputar. ciri-ciri bendik stater rusakbendik stater yang rusak memiliki ciri-ciri yakni diantaranya adalah berbunyi cetek-cetek ketika tombol stater dinyalakan. cara cek bendik staterkita dapat cek bendik stater dengan cara dibuat short kutub bendik staternya yakni kita satukan kutub positif dan negatif pada bendik stater dengan menggunakan bagian batang besi obeng (pastikan kunci kontak pada posisi off).

Kenali Problem Bendik Starter

Makanya problem starter elektrik starter ngadat masalah gede. sebab tidak mudah dilacak lantaran faktor penyebabnya banyak, dimulai dari aki, dinamo starter dan bendik starter jadi, memang perlu dicek satu per satu. tapi, kalau tombol starter dan setrum aki aman, coba cek kondisi bendik starter. dan kalau sudah seperti itu, dipastikan bendik starter tak bisa lagi berkerja normal. nah, untuk menghindari masalah di jalan seperti korslet atau motor starter gak mau berhenti berputar, baiknya komponen ini diganti baru.

Baca Juga :  Cerdas di Jalan Raya: Cara Menggunakan Gigi Mobil Matic dengan Lebih Efisien

Cara Mudah Mengecek Kondisi Bendik Starter di Motor Bekas

Relay starter atau bendik di motor perannya penting buat menghidupkan mesin. sebab jika relay starter atau bendik bermasalah, dijamin motor bakal sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan lewat elektrik starter. “relay starter ini fungsinya sebagai jembatan penghubung antara kontak, aki dan dinamo starter di motor,” terang pardiman, kepala mekanik bengkel takutic motor, kebagusan, jakarta selatan. : subtitusi bendik stater motor matik yamaha, ini pilihannyapada saat motor di posisi kontak on, arus listrik dari aki sudah terhubung ke dinamo starter namun mesin tidak langsung hidup. barulah ketika tombol elektrik starter ditekan, bendik atau relay starter menghubungkan arus listrik ke dinamo starter supaya mesin bisa hidup.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Doni Prasetyo

walau terlihat culun pria ini suka ngebut dan paling demen dengan mobil berturbo. karena sekut sekutnya menaikkan adrenain katanya. ya itulah yang membawanya sering mengoprek mobil teman-temannya, dan juga tentu atas dasr keahlinnya dengan later belekang yang sesuai yaitu teknik mesin.