Apa Yang Terjadi Jika Oli Gardan Motor Tidak Diganti

Bahaya, ini ciri-ciri oli gardan motor matic telah habisby administrator 12 apr 2022penggantian oli gardan matic secara berkala sama pentingnya dengan penggantian oli mesin. fungsi oli gardan matic pada motoroli gardan pada motor matic berfungsi untuk melumasi dan melancarkan gear ratio pada sistem transmisi otomatis. selain itu, kapan waktu penggantian oli gardan juga dapat diketahui melalui jarak tempuh, jika jarak tempuh telah mencapai 8000 km maka, kamu harus mengganti oli gardan motor kamu segera. oli gardan matic bisa bertahan lebih lama dari oli mesin dikarenakan oli mesin bekerja lebih berat dibandingkan oli gardan yang hanya berfungsi melumasi roda gigi motor. ciri-ciri oli gardan matic harus segera digantiberikut ini ciri-ciri oli gardan matic telah habis dan harus segera diganti:terdengar suara bising dari boks cvtoli gardan yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan suara bising dan mengganggu keluar dari motor matic yang kamu kendarai yang terdengar berisik ‘kletek-kletek’.

Oli Gardan di Motor Matic Tidak Diganti Berkala Ini Efek Negatifnya

Kalau diabaikan, ini efek negatif yang dapat terjadi kalau oli gardan di motor matic tidak diganti secara berkala. pada motor transmisi otomatis, merawat mekanisme penggerak roda dengan cara ganti oli gardan sama pentingnya seperti ganti oli mesin. memiliki jadwal penggantian yang sedikit lebih lama dari oli mesin, banyak pengguna yang lupa kalau oli gardan juga perlu diperhatikan masa pakainya. (: ada dua cara stroke up, ini kelebihan dan kekurangan masing-masing)nah tentu kalau kondisinya sudah menurun dan perlu diganti, fungsi oli gardan juga menjadi berkurang. jika oli mesin ada risiko berkurang akibat penguapan, hal ini diakui tidak berlaku pada oli gardan.

Baca Juga :   Pentingnya Memahami Dengan Angka Oktan dan Apa Manfaatnya bagi Kendaraan Anda

Motor Matik Sering Telat Ganti Oli Gardan Ini Efek Buruknya

, jakarta memiliki perbedaan dengan motor bebek dan sport, transmisi matik memiliki dua jenis oli yang harus selalu diperhatikan, yakni pelumas pada mesin dan gardan atau transmisi. periode penggantion oli yang lebih lama dibandingkan oli mesin, tak jarang membuat pemilik lupa. bila pergantian oli mesin berada di jarak 2.000 km (tergantung kondisi jalan dan kebiasaan pengendaranya), penggantian oli gardan dilakukan setiap 8.000 km sekali. lalu apa efek buruk yang ditimbulkan jika pemilik kendaraan sering telat mengganti oli gardan? setiap kendaraan atau part yang membutuhkan pelumasan jika sering telat melakukan pergantian oli gardan dalam waktu yang cukup lama, akan berdampak pada kerusakan gear ratio.

Efek Sering Telat Ganti Oli Gardan Motor Matik

Interval penggantian oli gardan atau transmisi motor matik memang lebih lama dibanding oli mesin, makanya sering kali pemilik motor matik lupa atau telat menggantinya. pergantian oli mesin motor matik umumnya setelah menempuh jarak 2.000 km (tergantung kondisi jalan dan kebiasaan pengendaranya). sedangkan penggantian oli gardan motor matik dilakukan setiap 8.000 km sekali. lalu apa saja dampak yang ditimbulkan jika pemilik motor matik sering telat mengganti oli gardan? bearing gardan goyangselain gear ratio rusak, efek sering telat ganti oli gardan motor matik juga memicu kerusakan beberapa bearing yang berada di dalam gardan.

Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti

–secara umum sepeda motor dengan transmisi otomatis atau disebut motor matic membutuhkan dua jenis oli, salah satunya yaitu oli gardan (oli transmisi). komponen ini harus diganti secara berkala sebab itu penting untuk mengetahui ciri oli gardan motor matic harus diganti. pada motor matic, oli mesin hanya berfungsi melumasi area internal mesin sementara buat pelumasan transmisi otomatisnya membutuhkan oli gardan. advertisement scroll to resume contentciri utama oli gardan motor matic harus digantiodometer merupakan indikator yang pas buat mengukur kapan harus ganti oli gardan. itu adalah penjelasan singkat mengenai ciri oli gardan motor matic harus diganti.

Baca Juga :   Berapa Km Ganti Oli Mesin Isuzu Panther

3 Ciri Oli Gardan Motor Matic Harus Diganti Waspadai

Loading.sedikitnya ada 3 ciri oli gardan motor matic harus diganti yang bisa dipahami. foto dok sindonews(bim) sedikitnya ada tiga ciri oli gardan motor matic harus diganti yang bisa dipahami. penggantian oli gardan pada motor matic ini biasanya memakan rentan waktu sekitar empat sampai delapan bulan tergantung pemakaian motor.ternyata ini fungsi oli gardan di motor matic berikut tiga ciri oli gardan motor matic harus diganti seperti dilansir dari berbagai sumber :suara bising biasanya muncul dari box cvt motor matic yang mengganggu kenyamanan berkendara. ini perbedaan oli motor matic dan oli motor manual pada motor matic oli gardan memiliki tingkat kekentalan yang berkisar antara sae 140 atau sae 90. jika kondisi ini terjadi maka sudah waktunya oli gardan untuk diganti karena sudah tidak bisa digunakan lagi.itulah ciri oli gardan motor matic harus diganti yang perlu diketahui.

Jarang Ganti Oli Gardan Motor Matik Bisa Begini Lho Akibatnya

Motor plus-online.com oli gardan fungsinya untuk melumasi transmisi di motor matik. tapi kalau tidak diganti kekentalan akan hilang dan fungsinya tidak berjalan lagi. saat fungsi oli sudah berkurang, efeknya oli tidak mampu melumasi transmisi secara maksimal. oli curah tapi asli, harganya pun lebih murah dari yang kemasanoli gardan pada motor matik menjadi pelumas yang sering diremehkan. lalu apa akibatnya bila oli gardan sampai lupa diganti.

Avatar photo

About the author

Agung David adalah seorang pria yang memiliki gairah yang mendalam terhadap dunia otomotif, khususnya dalam bidang kendaraan mobil. Sejak kecil, Agung sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap mobil dan segala hal yang berkaitan dengan mekanika kendaraan. Ketertarikan awalnya berkembang menjadi keahlian yang mendalam, dan kini ia diakui sebagai salah satu ahli otomotif terkemuka di bidangnya.

Agung telah menghabiskan bertahun-tahun berkecimpung di dunia otomotif, mempelajari berbagai jenis kendaraan dan mengasah keterampilannya dalam perbaikan dan modifikasi. Ia memiliki pengetahuan yang luas tentang mesin, sistem kelistrikan, dan komponen-komponen penting lainnya yang membuat kendaraan berfungsi dengan baik.

Selain sebagai ahli otomotif, Agung juga merupakan seorang kolektor mobil klasik. Ia memiliki kecintaan yang mendalam terhadap mobil-mobil dengan nilai sejarah dan estetika yang tinggi. Agung memiliki koleksi mobil klasik yang langka dan berharga, dan ia senang berbagi pengetahuannya tentang sejarah dan keunikan mobil-mobil tersebut dengan orang lain.