Apa Akibat Tie Rod Rusak

Doni Prasetyo

Untuk menghubungkan rack steer dengan roda maka dibutuhkan tie rod. tie rod ini akan menggerakkan roda ke kiri dan ke kanan mengikuti putaran setir. jika komponen tie rod ini rusak maka akan berefek ke kaki-kaki mobil. tie rod itu mengubungkan bagian long tie rod dengan roda dan terdapat bushing karet. “biasanya karet bushing tie rod sudah mulai mengalami kerusakan.

Begini Rasanya Kalau Tie Rod Mobil Rusak

Bisa menyebabkan setir mobil bergerak liar saat berakselerasi sehingga arah mobil bisa lari ke kanan-kiri. dan tie rod salah satu komponen yang berhubungan dengan sistem tersebut.perlu diketahui, tie rod berfungsi mengikat dan menggerakan roda agar dapat belok kiri atau kanan. jika rusak, komponen inilah yang bikin setir mobil anda tidak stabil bergerak liar ke kanan-kiri.selain setir oleng, gejala yang ditimbulkan tie rod rusak adalah, roda akan terasa oblak dan mengeluarkan bunyi klotok-klotok karena sudah tidak bisa memegang setir secara optimal. “tie road yang sudah aus bisa bikin setir tidak stabil dan sulit dikendalikan, terutama saat melalui jalan bebas hambatan. lebih bagus jika menggantinya kanan-kiri,” jelas fahmi, pemilik bengkel mobil fahmi jaya motor, di bekasi timur.penyebab tie road rusak umumnya karena usia pakai, karena berdasarkan fungsinya tie rod punya beban kerja yang berat.

Baca Juga :  Adakah Xenia Matic: Kenyamanan dan Kepraktisan dalam Satu Mobil

Tie Rod Mobil Mulai Rusak Ini Gejala yang Bisa Dirasakan Pengemudi

Banyak sekali komponen pada bagian kaki-kaki mobil, salah satunya adalah tie rod. tie rod ini merupakan komponen yang menghubungkan racksteer dengan bagian roda mobil. walau memang dirancang kuat tapi seiring waktu bagian tie rod ini akan mengalami kerusakan. walau komponen ini ini berada di bagian bawah mobil namun kerusakannya bisa dirasakan dari pengemudi. oblak ini diakibatkan bagian karet pada tie rod sudah mengalami keausan.

Tie Rod Atau Long Tie Rod Kena Gejalanya Yang Muncul Di Setir Begini

Komponen kaki-kaki satu ini, juga termasuk salah satu yang bisa menimbulkan bunyi saat kita melewati jalan tidak rata atau rusak. yap, namanya tie rod atau long tie rod! : link stabilizer bermasalah, ini ciri-ciri & efek yang akan ditimbulkanketika rusak, tie rod akan menimbulkan banyak gejala. pertama, putaran setir akan terasa oblak dan melayang. namun jika hanya satu sisi tie rod yang rusak, karakter setir akan menarik ke satu sisi.

Ini Gejala dan Penyebab Kerusakan Tie Rod pada Mobil

Gejala yang muncul ketika tie rod mengalami kerusakan adalah gerakan mobil yang terasa oleng pada kecepatan normal atau bahkan dalam kecepatan rendah. memang keadaan mobil oleng bisa disebabkan kerusakan pada komponen lain, namun kemungkinan besar kerusakan terjadi pada tie rod. berikut adalah gejala dan penyebab dari kerusakan tie rod pada mobil, dilansir tagar dari laman resmi suzuki indonesia, selasa, 6 oktober 2020. tie rod terasa enteng saat diputarlangkah kedua untuk memastikan tie rod pada mobil rusak atau tidak adalah dengan cara memutar tie rod. long tie rod bengkokkondisi mobil yang oleh juga dapat disebabkan oleh long tie rod yang bengkok.

Baca Juga :  Kerusakan Apa Saja Yang Terjadi Pada Sistem Kemudi

Cara Merawat Mobil Bekas Ini Akibatnya Jika Tie Rod Mulai Rusak

Cara merawat mobil bekas, ini lho akibatnya jika tie rod sudah mula bergejala rusak. tie rod ini akan menggerakkan roda ke kiri dan ke kanan mengikuti putaran setir. jika komponen tie rod ini rusak maka akan berefek ke kaki-kaki mobil. tie rod itu mengubungkan bagian long tie rod dengan roda dan terdapat bushing karet. otomotif ilustrasi tie rod”kalau tie rod ini rusak yang bisa dirasakan adalah getaran pada setir akan sangat terasa,” buka budi dari bengkel intan motor 77.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Doni Prasetyo

walau terlihat culun pria ini suka ngebut dan paling demen dengan mobil berturbo. karena sekut sekutnya menaikkan adrenain katanya. ya itulah yang membawanya sering mengoprek mobil teman-temannya, dan juga tentu atas dasr keahlinnya dengan later belekang yang sesuai yaitu teknik mesin.