Oli Sintetis Apa Itu

Agung David

, jakarta hal mendasar pada pelumas atau oli kendaraan yang perlu kita ketahui ialah perbedaan jenis sintetis dan non-sintetis. seperti dilansir hyundai indonesia, rabu (9/10/2019), pelumas synthetic atau oli sintetis tidak terbuat dari mineral minyak bumi, namun terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. kelebihan oli sintetis yang didapat karena proses kimiawi-nya ialah unggul secara struktur kimia dibandingkan oli yang berbahan dasar mineral. hal ini terjadi dikarenakan proses produksi oli sintetis yang jauh lebih kompleks dan rumit. khusus oli non-sintetis atau disebut dengan oli mineral merupakan oli yang terdiri dari base oil atau minyak bumi mentah.

Keunggulan Oli Mesin Sintetis Dibanding Oli Mesin Biasa

Kondisi ini seiring dengan perkembangan teknologi mesin menuntut jenis oli yang lebih stabil dan minim penguapan. menurut dady tiasono, mesin modern lebih panas dan membutuhkan oli yang lebih tahan terhadap penguapan sehingga tetap mampu melumasi secara maksimal dalam kondisi temperatur yang lebih tinggi. karena jenis oli ini memiliki banyak keunggulan dibanding oli mineral,” terang pebengkel yang banyak menangani merek jeep ini. rentan waktu penggantian oli lebih panjang dibandingkan dengan oli mineral. efeknya jeda penggantian oli lebih panjang sehingga oli ini lebih ramah lingkungan.

Mengenal Perbedaan Oli Sintetis dan Non Sintetis

Paling utama, bisa dibedakan antara yang memiliki jenis sintetis dan non-sintetis, dan tentunya secara spesifikasi juga berbeda antara kedua jenis oli tersebut. dimulai dari oli sintetis, adalah yang terbuat bukan dari mineral minyak bumi, namun merupakan pelumas yang terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. oli sintetis ini dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi. kelebihan oli sintetis yang didapat karena proses kimiawi, adalah unggul secara struktur kimia dibandingkan dengan oli biasa yaitu oli yang berbahan dasar mineral. dikarenakan proses produksi oli sintetis yang jauh lebih kompleks dan rumit, ini menyebabkan harga oli sintetis jauh lebih mahal dibandingkan dengan oli dengan berbahan dasar mineral tersebut.

Ini Perbedaan Oli Mineral Semi Sintetik Full Sintetik dan Ester Mana yang Paling Bagus

Motor plus-online.com brother sudah tahu belum perbedaan dari oli mineral, semi sintetik, full sintetik dan full sintetik ester? keempatnya adalah base oil yang mempengaruhi performa dari oli. karena seperti diketahui, oli yang dipakai harus memiliki spesifikasi yang tepat sesuai dengan karakter mesin. oli mineraloli mineral terbuat dari base oil yang diambil dari minyak bumi, yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. meski begitu, masih ada beberapa keunggulan dari oli mineral yaitu ketika piston dan blok piston dalam keadaan baru dianjurkan untuk menggunakan oli mineral.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Agung David

Agung David adalah seorang pria yang memiliki gairah yang mendalam terhadap dunia otomotif, khususnya dalam bidang kendaraan mobil. Sejak kecil, Agung sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap mobil dan segala hal yang berkaitan dengan mekanika kendaraan. Ketertarikan awalnya berkembang menjadi keahlian yang mendalam, dan kini ia diakui sebagai salah satu ahli otomotif terkemuka di bidangnya. Agung telah menghabiskan bertahun-tahun berkecimpung di dunia otomotif, mempelajari berbagai jenis kendaraan dan mengasah keterampilannya dalam perbaikan dan modifikasi. Ia memiliki pengetahuan yang luas tentang mesin, sistem kelistrikan, dan komponen-komponen penting lainnya yang membuat kendaraan berfungsi dengan baik. Selain sebagai ahli otomotif, Agung juga merupakan seorang kolektor mobil klasik. Ia memiliki kecintaan yang mendalam terhadap mobil-mobil dengan nilai sejarah dan estetika yang tinggi. Agung memiliki koleksi mobil klasik yang langka dan berharga, dan ia senang berbagi pengetahuannya tentang sejarah dan keunikan mobil-mobil tersebut dengan orang lain.