Ciri Ciri Modul Eps Rusak

Diterbitkan Pada : 25.06.2022 By David

Mobil jaman now, sudah semua menggunakan sistem power steering tipe elektrik. dengan mengasopsi sistem ini, komponennya lebih simple dibanding sistem hidraulis yang membutuhkan banyak part sebagai penyusun. power steering tipe elektrik atau electric power steering (eps) ini, berfungsi meringankan putaran roda kemudi. ryan/gridoto.com ilustrasi power steeringbila dilihat konstruksinya, power steering elektrik menggunakan power motor untuk menggerakan steering shaft yang di kontrol oleh sensor di setir. motor ini juga memakan banyak daya listrik aki,” ucap andi saputra mekanik dari milala power steering.

Waspada Masalah Electric Power Steering Bikin Kantong Jebol

Seperti modul electric power steering, motor electric power steering, racksteering atau indikator lainnya,” terang mahdi, mekanik bengkel power steering pada rabu (11/8/2021). motor electric power steering terkena airkomponen motor electric power steering letaknya berada di bagian bawah mobil. cross joint steering shaft oblakpenyebab lain pada masalah electric power steering selanjutnya adalah komponen cross joint steering shaft mengalami oblak. biaya perbaikan masalah electric power steeringperihal biaya perbaikan masalah electric power steering jelas lebih mahal dibandingkan dengan mobil yang masih mengusung power steering hidrolik. perhatikan usia electric power steeringumumnya usia electric power steering lima sampai 6 tahun.

Penyebab elektrik power steering berat

Ya, teknologi eps ini merupakan teknologi yang menggantikan sistem power steering hidrolik.fungsi dari eps ini adalah sama dengan fungsi power steering hidrolik, yaitu untuk membantu meringankan putaran roda kemudi (steering wheel) saat mobil dikendarai. jika power steering hidrolik menggunakan cairan hidrolik (minyak power steering), maka eps memanfatkan energi listrik dengan memutar motor power steering untuk membantu meringankan putaran kemudi.meskipun menggunakan motor listrik, bukan berarti teknologi ini bebas dari kerusakan. berikut adalah penyebab elektrik power steering berat..penyebab elektrik power steering berat yang pertama adalah akibat tidak ada arus listik yang megalir ke motor eps. seperti yang sudah pernah ombro bahas pada postingan tentang mengenal elektrik power steering sebelumnya, eps membutuhkan suplai arus listrik yang besar dari aki mobil.suplai arus listrik yang besar ini digunakan oleh motor power steering guna membantu memutar steering shaft sehingga putaran pada steering shaft menjadi lebih ringan bagi pengemudi.ketika tidak ada arus listrik yang mengalir ke motor eps ini, maka motor eps tidak dapat membantu untuk memutar batang kemudi yang akibatnya akan membaut roda kemudi (steering wheel) menjadi berat saat diputar.banyak hal yang dapat menyebabkan arus listrik tidak dapat mengalir ke motor power steering seperti misalnya sekring eps putus, socket motor power steering terlepas atau kerusakan erjadi pada motor power steering.penyebab elektrik power steeringrusak yang selanjutnya adalah akibat motor power steering rusak. meskipun sebenarnya motor power steering ini di desain agar tahan lama, namun kerusakan tetap saja dapat terjadi.hal yang paling lumrah mengalami kerusakan pada motor power steering ini adalah bagian carbun brush, yaitu komponen yang menjadi penghubung dan tempat mengalirnya arus listrik antara rotor (bagian motor yang berputar) dengan stator (bagian motor yang diam).kerusakan pada motor power steering ini jelas akan membuat power stering menjadi berat saat diputar.

Baca Juga :   Keluhan Suzuki Ertiga

Motor Electric Power Steering Rusak Hal Ini yang Akan Terjadi

Banyak komponen yang berperan penting di electrik power steering (eps). komponen ini akan mendapat pasokan listrik yang kemudian menggerakkan steering shaft. radityo herdianto motor power steering elektrik: gara-gara komponen ini bolong, power steering bisa rusak, ini videonya”motor eps itu akan bergerak sesuai dengan perintah modul eps yang membaca sudut putaran setir,” buka budi dari bengkel intan motor 77, spesialis power steering. “kerusakan yang biasa terjadi pada motor eps ini karena korsleting,” tambahnya. jika motor eps sudah mengalami masalah maka efek yang ditimbulkan putaran setir akan menjadi berat.

6 Tips Merawat Electric Power Steering Jangan Diputar saat Mesin Mati

Mobil jaman sekarang sudah dilengkapi dengan electronic power steering (eps) atau power steering elektrik. berikut ini tips untuk merawat eps dan kebiasaan yang berpotensi merusak. anda bisa memastikan posisi motor listrik eps di buku manual kendaraan atau bertanya kepada service advisor bengkel. perhatikan sistem kelistrikan dan aki mobilsumber tenaga utama dari eps adalah listrik mobil yang aktif sepanjang mesin mobil dinyalakan. ini cara merawat electric power steering di mobil

Mobil Terendam Banjir Power Steering Elektrik Bisa Rusak Ini Penyebabnya

Eps yang rusak karena banjir bisa dari modul eps, dan motor eps. “eps banyak yang rusak karena banjir, rata-rata motornya yang rusak,” kata sarudin, kepala bengkel astrido daihatsu kebon jeruk, jakarta barat. (: awas beli mobil bekas banjir, cegah dengan cek kondisi interior)modul eps bisa rusak karena konsleting dari aki yang terhubung ketika terendam banjir, sedangkan motor listrik rusak bisa dari karat yang disebabkan karena terendam banjir. “penyebab motor power steering elektrik rusak akibat karat dari genangan air banjir, apalagi yang banjirnya penuh lumpur,” ucapnya. motor electric power steering (eps) bisa diperbaiki dengan cara dibersihkan, namun jika tidak tertolong, diharuskan mengganti eps.

Baca Juga :   Model Mobil Suzuki Karimun 2022 Terbaru